Beranda > Blog

Blog
SUNterra

Sulitkah Perawatan Panel Surya? Ketahui Tips Lengkapnya di Sini!

Sulitkah Perawatan Panel Surya

Perawatan panel surya terbilang cukup mudah, karena bentuk dari sistemnya yang tidak berpindah-pindah (diam). 

Panel surya yang sudah terpasang pun sebenarnya minim akan potensi kerusakan fisik. Meski begitu, tetap harus dilakukan perawatan panel surya secara berkala agar masa guna dan keefektifan panel surya bisa bertahan lama.

Alasan dilakukannya perawatan panel surya adalah untuk membuatnya tetap berfungsi secara optimal, efektif dan strukturnya tetap kuat.

Produk panel surya untungnya memiliki daya tahan yang baik, karena sudah dirancang untuk bertahan lebih dari dua puluh tahun. Seperti produk panel surya dari SUNterra, yang terbukti awet hingga 25 Tahun, dengan tingkat efektifitas 92-80%.

Namun, tidak dipungkiri bahwa panel surya tetap memerlukan perhatian lebih. Hal utama yang harus diperhatikan untuk merawat panel surya adalah:

Jaga kebersihan panel surya

Hal pertama adalah menjaga panel surya di bangunan Anda tetap bersih dari kotoran atau debu. Anda bisa mengatur waktu untuk membersihkan panel surya, misalnya sebulan sekali atau 6 bulan sekali.

Sebelum membersihkan panel surya, pastikan sistem panel sudah dimatikan untuk meminimalisir adanya setruman.

Setelah sistem sudah dipastikan mati, lakukan pembersihan pada bagian permukaan dengan menggunakan air dan sabun yang tidak kasar. 

Kemudian, lap menggunakan sikat dari bahan halus. Menggunakan sikat dengan bahan kasar tidak baik untuk permukaan panel surya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan sikat berbahan lembut.

Lebih lengkap soal langkah perawatan panel surya bisa Anda simak di bawah ini:

  1. Matikan sistem sepenuhnya

Sistem panel surya Anda harus dimatikan sebelum melakukan perawatan. Pastikan hal ini sudah sesuai dengan prosedur dan pedoman yang tercantum. 

Pertama, sistem DC dimatikan, kemudian sistem AC juga harus dimatikan melalui saklar utama pasokan panel surya.

  1. Jangan mencoba memanjat atap tanpa peralatan memadai

Pembersihan panel surya yang berada di atap rumah harus memperhatikan aspek keselamatan, seperti menggunakan helm, tangga yang layak, dan tali pengaman. 

Perhatikan juga alat pembersih yang Anda bawa dengan menempatkannya di lokasi yang aman sehingga tidak akan terjatuh saat Anda melakukan perawatan.

Artikel ini menarik? Baca Juga: Apakah Panel Surya Bekerja saat Hujan?

  1. Pilih waktu yang sejuk (pagi/sore)

Memilih waktu pagi atau sore hari untuk membersihkan panel surya merupakan hal yang penting dilakukan.

Pasalnya, kombinasi kaca panel yang panas dengan air dingin dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya retakan. 

Alasan lainnuya adalah jika Anda membersihkan panel pada kondisi panas terik, air dan sabun akan cepat menguap. Alhasil, sisa-sisa pembersihan yang kurang maksimal malah akan memperpendek umur panel surya.

  1. Pastikan air yang mengalir hanya mengenai bagian permukaan panel surya

Meskipun air boleh mengenai bagian belakang panel surya, Anda tetap disarankan untuk mengenai panel dengan air secara sengaja. Hal ini dikarenakan, dikhawatirkan air yang masuk akan mengenai bagian sistem yang rawan terdampak.

Meski terbilang cukup mudah, perawatan panel surya tetap harus dilakukan dengan hati-hati. 

Maka dari itu, kami menyarankan Anda untuk menggunakan jasa perawatan profesional dari SUNterra. Perawatan profesional yang kami tawarkan sudah termaksud ke dalam pembelian setiap paket produk panel surya. 

Dengan jaminan garansi hingga 25 tahun, kini Anda tidak perlu khawatir lagi soal perawatan, dan biarkan kami yang melakukan semuanya untuk Anda.

#SUNterraUntukNegri

Artikel Lainnya