Perhatikan 7 Hal Berikut Sebelum Pasang Panel Surya

Sebelum beralih menggunakan panel surya, calon pengguna sebaiknya meninjau beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum pasang panel surya.

Seperti yang diketahui, pemanfaatan panel surya atau PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) semakin gencar dilakukan di Indonesia. 

Isu perubahan iklim dan tarif listrik yang terus meningkat menjadi alasan utama masyarakat mulai beralih ke energi terbarukan satu ini. 

Apabila Anda merupakan salah satu yang tertarik untuk menggunakan panel surya, beberapa faktor berikut perlu dijadikan pertimbangan.

1. Daya listrik

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah daya panel surya yang harus disesuaikan dengan daya listrik rumah/bangunan Anda. 

Berdasarkan Permen ESDM Nomor 26 Tahun 2021, pengguna PLTS atap boleh memasang panel surya dengan daya 100% dari total daya listrik yang terpasang. 

Misalnya, daya listrik rumah Anda 4.400 watt, maka pemasangan panel surya yang diperbolehkan adalah 1kWp hingga 4kWp.

Semakin tinggi daya panel surya, maka semakin tinggi pula penghematannya.

Peraturan terbaru yang keluarkan oleh PLN (2022), menetapkan batas maksimal pemasangan PLTS Atap menjadi 15% dari total kapasitas terpasang (Jawa dan Bali).

Khusus wilayah Jawa Barat, pelanggan dengan kapasitas listrik di bawah atau sama dengan 5.500 Watt, dapat memasang 100% kapasitas PLTS Atap dari total daya listrik terpasang.

2. Bahan panel surya

Material yang sering dijumpai untuk pemakaian pada bangunan residensial ataupun komersil adalah jenis Monocrystalline.

Sering digunakan karena harganya ekonomis dan tingkat efisiensinya sangat baik. 

Meskipun banyak beredar di pasaran, Anda tetap harus teliti terhadap jasa yang menawarkan pemasangan panel surya, dan jangan hanya terpaku pada harga yang murah dengan kualitas yang rendah.

SUNterra menawarkan produk panel surya dengan kualitas terbaik berstandar internasional. Jadi, jangan ragu lagi untuk beralih ke panel surya bersama SUNterra.

Artikel ini menarik? Baca juga: 

3. Jenis dan luasan atap

Struktur atap sangat berpengaruh terhadap kemampuan atap untuk menopang panel surya.

Jika atap masih menggunakan kayu, sangat disarankan untuk menggantinya ke bahan yang lebih kokoh seperti baja ringan.

Luasan atap juga mempengaruhi jumlah kapasitas yang bisa terpasang. Misalnya, untuk daya 4kWp membutuhkan luasan 27 m2.

4. Bayangan (shading)

Perhatikan posisi panel surya yang akan terpasang di atap rumah. Lokasi terbaik untuk penyerapan energi yang optimum adalah lokasi yang tidak memiliki objek penghalang yang dapat menghasilkan bayangan.

Objek penghalang yang sering dijumpai, seperti pohon, tanaman, baliho, gedung yang lebih tinggi, dan sebagainya.

Sebelum dilakukan pemasangan, tim SUNterra akan melakukan survei digital dan dilanjutkan dengan survei lokasi secara offline.

Salah satu hasil dari survei ini untuk memastikan rumah pelanggan bisa mendapatkan penyerapan energi matahari yang maksimal tanpa adanya objek penghalang disekitar.

5. Intensitas penyinaran matahari

Semakin besar intensitas penyerapan energi matahari, maka semakin tinggi kinerja panel surya. 

Beruntungnya, Indonesia dilewati garis khatulistiwa yang membuat penyerapan energi surya sangat tinggi. 

Untuk lebih memaksimalkan penyerapan energi, arah hadap panel surya bisa diletakkan dengan kaidah berikut:

  • Lokasi Jawa, Madura, NTT, NTB, sebagian Kalimantan, Sumatera, Sulawesi: panel surya diarahkan condong 15° ke arah utara.
  • Lokasi di atas garis khatulistiwa seperti sebagian Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku: panel surya diarahkan condong 15° ke arah selatan.

6. Hambatan beban listrik

Panel surya bekerja sejak matahari muncul hingga terbenam, dengan penyerapan optimum terjadi pada pukul 10 pagi dan 2 siang (sekitar 4,5 jam). Hal ini menyebabkan tegangan listrik yang dihasilkan panel surya tidak selalu stabil.

Maka dari itu, untuk menyikapi naik-turunnya tegangan, peralatan yang digunakan seperti inverter juga harus menjadi perhatian.

Baca juga: Berapa Lama Masa Pakai Panel Surya

7. Layanan dan Garansi

Setelah mengetahui hal teknis sebagai persiapan untuk memasang panel surya, berikutnya adalah ketahui kualitas layanan dan garansi yang diberikan penyedia pemasangan panel surya.

SUNterra mengedepankan kepuasan pelanggan dengan layanan end-to-end terintegrasi. 

Selain menggunakan produk-produk berkualitas terbaik, kami juga memberikan garansi panjang dan after sales yang menjamin perlindungan produk panel surya pelanggan, serta aplikasi untuk memonitor produksi energi bangunan Anda selama 24 jam.

Setelah mempertimbangkan 7 hal di atas, sudah siapkah anda beralih ke panel surya bersama SUNterra?

Kami memberikan konsultasi gratis untuk menjawab semua pertanyaan Anda. Kami juga memberi survei digital gratis sebagai gambaran posisi panel surya yang akan terpasang serta estimasi penghematannya.

#SUNterraUntukNegeri

Artikel Lainnya