FAQ > Alur Pemasangan Panel Surya

Alur Pemasangan Panel Surya

Anda dapat memulai proses pemasangan solar panel SUNterra dengan mengisi data anda di solar calculator SUNterra di Form Solar Calculator.

Anda cukup mengisi data terkait tipe properti, tagihan dan kapasitas listrik, dan detail kontak anda. Dari data tersebut, maka sistem kami akan merekomendasikan kapasitas solar panel yang sesuai untuk rumah anda beserta kutipan harga awal. Anda juga bisa memilih untuk menghubungi sales agent kami melalui WhatsApp apabila ada pertanyaan.

Apabila informasi yang disediakan sudah cukup jelas, maka langkah selanjutnya adalah survei digital untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kondisi atap anda.

Harga yang diberikan termasuk biaya pemasangan, pengiriman, serta biaya pengurusan perizinan Net Metering PLN. Harga tidak termasuk PPN 11 persen, biaya SLO dan Net Metering

Survei digital adalah solusi survey unik yang ditawarkan oleh SUNterra, di mana pelanggan tidak perlu lagi membayar Rp 500rb untuk survei lokasi, cukup dengan menjawab beberapa pertanyaan terkait atap rumah anda secara online. Survei digital juga tidak memakan waktu yang lama, sehingga sangat mempercepat proses instalasi solar panel anda

Proses survei digital memakan waktu yang jauh lebih singkat dan juga gratis, jauh lebih cepat dan hemat jika dibandingkan dengan survei lokasi konvensional yang dapat memakan waktu lebih banyak dalam proses penjadwalan tim teknisi dan juga biaya sebesar Rp 500rb.

SUNterra dapat memastikan bahwa informasi yang ditanyakan melalui survey digital sudah mencakup hal-hal penting yang diperlukan untuk mengetahui kesiapan atap anda untuk menopang solar panel. Untuk lebih mencegah resiko, kami akan melakukan survei digital tambahan melalui aplikasi helioscope apabila kapasitas yang dibutuhkan cukup besar, atau merekomendasikan survei lokasi apabila diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Namun apabila anda masih memiliki kekhawatiran terkait akurasi dari survei digital, kami tetap menyediakan opsi untuk survei lokasi yang lebih akurat dengan biaya sebesar Rp 500rb, yang nantinya akan mengurangi biaya instalasi anda setelah pelunasan biaya

Tidak masalah, anda dapat melakukan survei lokasi untuk menggantikan proses survei digital. Dengan melakukan survei lokasi, penawaran harga yang diberikan akan jauh lebih akurat. Sehingga tidak akan ada biaya tambahan nantinya.

Survei lokasi merupakan tahapan dimana tim kami akan melakukan pengukuran dan pengecekan rumah anda untuk melihat kecocokan dan kebutuhan instalasi panel nanti.

SUNterra memberikan layanan digital survei dan instalasi gratis. Biaya survei lokasi diperlukan sebagai proses administrasi pemesanan di awal yang akan diperhitungkan atau dikurangi dari total biaya pemasangan. Apabila karena alasan teknis solar panel tidak bisa dipasang, biaya survei akan dikembalikan secara penuh.

Dengan melakukan survei lokasi, kami dapat memberikan estimasi harga yang lebih akurat. Hal ini dikarenakan kami harus melakukan pengukuran dan pengecekan struktur atap untuk instalasi dan kebutuhan kabel lainnya. Nantinya tidak akan ada biaya tambahan dalam prosesnya. Namun, survei lokasi akan memakan waktu lebih dibanding survei digital.

Harga yang diberikan termasuk biaya pemasangan, pengiriman, serta biaya pengurusan perizinan Net Metering PLN. Harga tidak termasuk PPN 11 persen, biaya SLO dan Net Metering

Untuk saat ini, harga yang ditawarkan masih ada kemungkinan berubah. Hal ini dikarenakan instalasi kabel yang tidak kami duga atau dalam proses instalasi penyangga tambahan untuk solar panel. Namun, untuk mendapatkan penawaran yang lebih pasti, anda dapat melakukan survei lokasi agar kami dapat menghitung segala kebutuhan anda.

Instalasi solar panel memakan waktu kurang lebih 5-7 hari, di luar pengurusan Net Metering dan SLO ke PLN. Meskipun demikian solar panel tetap bisa digunaan walaupun belum mendapatkan net metering PLN.

Net Metering berfungsi untuk menghubungkan listrik solar panel ke jaringan PLN untuk bisa digunakan sesuai kebutuhan. SLO adalah bukti formal yang wajib dimiliki bagi pemilik solar panel atau sertifikat layak operasi PLTS yang bisa dimiliki pelanggan setelah net metering terpasang

Biaya untuk rilis sertifikat SLO di sekitar Rp 250.000,- untuk biaya Nett Metering kWh ekspor impor PLN sekitar 2-3juta bergantung area wilayah PLN

Biaya untuk merilis sertifikat SLO ditentukan dari daya listrik rumah. Sementara biaya Nett Metering kWh ekspor impor PLN ditentukan dari daya dan fasa.

Menurut PLN proses licensing dan verifikasi akan memakan waktu selama 15 hari paling lama.

“Secara teknis ada beberapa tahap yang akan dilakukan dalam proses instalasi solar panel:

-Pemasangan mounting / dudukan panel
– pemasangan panel surya
– install DC BOX (if available)
– install inverter
– Pulling cable DC
– install AC BOX
-pulling cable AC
– termination AC & DC Side
-interconnection to MDP Customer
– Wiring click MC4 solar panel
-test & commisioning
– go live

Panel akan dapat dinikmati oleh pelanggan.”

Pemasangan panel surya dapat dipasang setelah melalui proses pembayaran DP, tergantung metode yang dipilih, dan perizinan PLN yang memakan waktu 15 hari (menurut PLN).

Apabila hasil kutipan harga akhir didapatkan hanya melalui survey digital, harga masih dapat berubah berdasarkan pengecekan saat kunjungan instalasi dari tim teknisi. Apabila anda menginginkan hasil kutipan harga akhir yang final dan tidak akan berubah, disarankan untuk melakukan survey langsung oleh tim teknisi SUNterra dengan biaya yang sangat terjangkau yaitu Rp 500 ribu. Nanti saat survey akan ditinjau luasan, bahan, dan kondisi atap apakah dapat menampung panel surya hingga maksimal, lalu meninjau jalur kabel, dan ruang atau tempat untuk memasang peralatan lainnya. Jika setelah survey ada kendala teknis yg membuat tidak bisa melanjutkan pemasangan, biaya DP yg 500ribu akan bisa dikembalikan lagi 100%, namun jika dilanjutkan terus sampai pemasangan, DP tersebut akan mengurangi biaya keseluruhan

“Hal ini akan sangat mempengaruhi proses instalasi dan pemasangan. Untuk menanggulangi ini, akan terjadi perubahan skema instalasi yang sudah ditentukan di awal dan kemungkinan akan ada biaya tambahan. Untuk biaya tambahannya akan ditentukan lebih lanjut apakah akan dikenakan atau tidak bergantung pada perjanjian awal mengenai skema instalasi.

Jika perubahan terjadi karena permintaan pelanggan setelah deal, maka akan dikenakan biaya tambahan
Namun, jika terjadi kesalahan perhitungan dari sisi SUNterra, maka tidak akan dikenakan biaya tambahan”

Anda akan mendapatkan maintenance gratis sebanyak 2x di 1 tahun pertama.

SUNterra memberikan beberapa garansi yakni diantaranya:
• Garansi performansi solar panel selama 25 tahun (dalam masa garansi produk dan performa, jika ada pengecekan, servis, atau penggantian barang akan gratis)
• Garansi manufacture untuk komponen solar PV 10 tahun
• Garansi manufacture untuk komponen inverter selama 5 tahun
• Garansi instalasi selama 1 tahun (dalam masa garansi sistem, gratis 2x dalam setahun untuk pembersihan dan pengecekan berkala setiap 6 bulan sekali untuk seluruh system, selanjutnya untuk pembersihan panel cukup dari air hujan sudah bersih kembali)

Ya, anda akan mendapatkan maintenance gratis sebanyak 2x di satu tahun pertama dengan frekuensi per 6 bulan. Setelah itu, kami juga menyediakan paket maintenance yang dapat anda beli dengan harga terjangkau.

Pelanggan dapat menghubungi whatsapp sunterra langsung dan meminta maintenance dari tim kami

Kami akan menghubungkan anda dengan tim EPC kami yang akan melakukan maintenance sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Berikut harga paket maintenance yang kami sediakan. Paket ini berbeda untuk tiap kapasitas dikarenakan jumlah panel yang berbeda

Bisa, tergantung apa yang dibutuhkan kami dapat menyediakan kebutuhan tambahan bapak dan ibu. Tentunya tambahan ini akan dikenakan biaya tambahan sesuai dengan produk yang ditambahkan.

Contoh: ada yang penambahan panel dan inverter. ada yang ganti DTU ( alat monitoring) dari DTU regular to DTU pro

Secara Umum Solar Panel tidak memerlukan perawatan rutin karena tidak ada bagian yang bergerak.

Selain itu karena di Indonesia hanya memiliki 2 musim maka akan sangat diuntungkan dengan adanya hujan yang dapat sekaligus membersihkan debu pada permukaan solar panel. Namun pelanggan tetap disarankan untuk melakukan maintenance 2 kali setahun, atau setiap 6 bulan.

Bisa, cukup menggunakan air dan lap dengan permukaan yg tidak kasar. Dilarang memakai sabun dan sejenisnya

Topik FAQ Populer

Apakah pengguna token listrik pra bayar dapat melakukan instalasi Panel Surya di rumah?
Pemasangan solar panel mengharuskan pelanggan mengganti sistem kWh meter menjadi Net Zero Meter. Selengkapnya…
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasang Panel surya?
Instalasi panel surya memakan waktu kurang lebih 5-7 hari, di luar pengurusan Net Metering dan SLO ke PLN. Selengkapnya…
Mengapa sistem PLTS saya tidak bisa melakukan export energi ke PLN?

Dikarenakan surplus energi listrik pada pulau Jawa & Bali, mengharuskan penyesuaian aturan baru pada praktik di lapangan. Selengkapnya…